JAMINAN RUMAH DISURGA BAGI MEREKA YANG IKHLAS MEMBANGUN MASJID

JAMINAN RUMAH DISURGA BAGI MEREKA YANG IKHLAS MEMBANGUN MASJID

JAMINAN RUMAH DISURGA BAGI MEREKA YANG IKHLAS MEMBANGUN MASJID


Rumah adalah hunian yang sangat penting bagi setiap manusia. Rasulullah SAW memanagemen sesuatu dengan sangat baik, salah satunya rumahnya. Berikut ini adalah tata letak rumah yang baik dalam islam:


1) Dianjurkan bagi seorang muslim untuk mencari rumah atau membangun rumah yang dekat dengan masjid

Hal ini dimaksudkan agar memudahkan baginya untuk menunaikan shalat berjama’ah dan ibadah yang lainnya di masjid.

Walaupun yang lebih utama adalah jauh dari masjid, karena setiap langkahnya akan dihitung pahala. Tapi, karena mengingat lemahnya iman pada umat Islam dan pengaruh lingkungan yang banyak sekali kemaksiatan pada zaman sekarang, dekat dengan masjid lebih utama untuk menjaga diri dan keimanan seseorang. Wallahu a’lam bisshawab.


2) Mencari rumah atau membangun rumah yang jauh dari lingkungan maksiat atau tetangga yang buruk.

Lingkungan yang dekat dengan kemaksiatan atau tetangga yang buruk memiliki pengaruh yang luar biasa pada sebuah keluarga. Sebagaimana kisah yang panjang, yaitu kisah perjalanan taubatnya seseorang yang telah membunuh 100 orang, padanya disebutkan:

اِنْطَلِقْ إِلَى أَرْضِ كَذَا وَكَذَا , فَإِنَّ بِهَا أُنَاسًا يَعْبُدُوْنَ اللهَ, فَاعْبُدِ اللهَ مَعَهُمْ وَلاَ تَرْجِعْ إِلَى أَرْضِكَ, فَإِنَّهَا أَرْضُ سُوْءٍ


“Pergilah engkau ke sebuah negeri seperti ini dan seperti ini (yang disifatkan padanya negeri tersebut), karena sesungguhnya di dalamnya terdapat kaum yang beribadah kepada Allah Ta’ala, beribadahlah bersama mereka dan jangan kembali ke negerimu, karena negerimu adalah negri yang jelek (banyak kemaksiatannya),” (HR. Muttafaqun ‘alaih No : 2766 dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiallahu’anhu).


Akan tetapi yang perlu kita perhatikan adalah fungsi-fungsi yang dimiliki masjid :

1. Masjid sebagai tempat pendidikan

Baik mendidik anak-anak, maupun mendidik orang dewasa dengan berbagai ilmu keagamaan.

2. Masjid sebagai tempat pemberian bantuan sosial

3. Masjid tempat bermusyawarah berbagai kepentingan bersama

4. Masjid juga sebagai pusat kegiatan-kegiatan ekonomi. Di masjid, dibangun baitul maal, dihimpun harta dari orang-orang kaya kemudian didistribusikan kepada fakir miskin dan orang yang membutuhkan uluran dana lainnya


Demikianlah pentingnya masjid sebagai pusat kemajuan umat ini, semoga kita kembali membangun motivasi untuk memakmurkan masjid sebagaimana multifungsinya yang luar biasa di zaman Rasulullah.


#AyoBangunMasjid

#MasjidAlBarqah

#GrandSutraRajeg

#BerserahdanBerharap

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar